Keluhan koneksi sinyal Handphone yang tiba-tiba menjadi jelek saat hujan sering sekali diutarakan Oleh pengguna pengguna. Keluhan ini banyak Dilakukan Dalam media sosial Terutama Twitter.

Keluhan Jeleknya sinyal Internet ini hampir dikeluhkan kepada semua operator seluler di indonesia, mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Dan Smartfren.

Seperti @GOOGIEON yang mengungkapkan Bahwa Jeleknya Sinyal Tri ketika turun hujan

Seperti yang di ungkapkan juga oleh @doh4dan

Hujan memanglah bisa mempengaruhi kualitas jaringan Handphone. Sehingga jaringan di suatu Tempat Bisa terganggu sementara ketika sedang dilanda hujan, seperti yang ditulis oleh Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE) Di situs resminya.

gelombang radio pada Telepon seluler memang akan terpengaruh ketika sedang terjadi perubahan cuaca, seperti hujan lebat, awan yang tebal, Dan Petir, semuanya dapat mengganggu kelancaran jaringan Internet Maupun Telepon. Jangkauan Seluler Akan menjadi tidak merata, Kejelasan suara saat Bertelpom akan terganggu, dan kecepatan Internet data akan berkurang.

Sinyal Telepon dari Base Transceiver Station (BTS) dihantarkan oleh ion positif yang ada di udara. Saat sedang hujan lebat, susunan ion di udara akan Menjadi tidak beraturan. air Hujan yang jatuh menghambat penghantaran listrik. Sehingga, pancaran sinyal Telepon terganggu.

Selain itu juga, sinyal Telepon biasanya menggunakan frekuensi tinggi. Jenis sinyal yang seperti ini tidak bisa berjelajah dengan baik Melalui Tetesan Air Hujan. Besarnya tetesan air hujan juga mempengaruhi sinyal. Sehingga, sinyal tak bisa ditransmisikan dengan lancar dari BTS ke Telepon seluler saat hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here